Langsung ke konten utama

Navya Arma: First Autonomous Vehicle yang bisa kita coba!

Ngomongin kecanggihan masa depan memang ga akan ada habisnya. Namun kebanyakan itu masih sekedar ide atau angan2 seperti kantung ajaibnya doraemon yang mengingatkan kita pada mobil terbang, pintu kemana saja, atau baling-baling bambu.

Tak disangka, kecanggihan masa depan berwujud kendaraan itu ada di depan mata kita. Ya, Kamu tidak salah baca. Namanya Navya Arma, kendaraan canggih pertama di Indonesia yang bisa beroperasi sendiri tanpa sopir. Hah? Yang bener?

Iya, ini beneran, bukan khayalan! Navya Arma memang secanggih itu. Dijuluki sebagai First Autonomous Vehicle.


Yuk kenalan lebih jauh!       
Kendaraan canggih Navya Arma ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation yang didukung pendanaan dari JICA. Mitsubishi Corporation bersama dengan MACNICA Inc. yang telah berhasil melakukan uji coba tahap pertama Navya Autonom® Shuttle di QBig BSD City pada bulan Mei hingga Juli lalu, dan masih akan terus dilanjutkan hingga Januari 2023 mendatang. Saat ini kendaraan tersedia di Green Office Park, BSD City.


Navya Arma memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Ukurannya 4,7 m x 2,1 m dan bisa menampung 15 orang penumpang, dengan formasi 11 duduk dan 4 berdiri.


Oiya, Navya Arma juga baru saja mengikuti acara Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali yang merupakan official side event dari G20 lho (Keren kan!). Penyelenggaranya oleh Kementrian Perhubungan pada tanggal 11 - 16 Nov 2022 lalu.

 

Navya Arma juga dilengkapi dengan beragam sensor lho, mulai dari pemanfaatan GNSS (Global Navigation Satellite Systems), dan sensor LIDAR (Light Radar), yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil sehingga mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, dan dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otomatis.


Wah komplit ya kecanggihannya. Jadi makin penasaran atau penasaran nih buat sekedar liat atau nyoba?

Nah, sekarang emang dimana ya nyobanya?

Tenang, dan ini dia info kerennya. Wajib kamu inget-inget, kalo perlu kamu catet ya!
Kamu bisa coba di The Breeze BSD City, dan GRATIS!
Navya Arma ini bisa dinaiki baik orang dewasa atau anak-anak. Namun kalau anak-anak itu wajib yang tinggi badannya minimal 120cm dan harus didampingi oleh orangtuanya. Ini kesempatan banget ya buat papa mama yang mau ajak jalan-jalan bareng anaknya dengan kendaraan masa depan, sekaligus bisa juga ngenalin ke anak-anaknya: ini lho kendaraan yang ga cuma canggih, tapi ramah lingkungan. Ayuk buruan juga ajak keluarga, teman, atau kerabat dekat!
Caranya gimana?
Tenang, cara pendaftaran untuk dapat mencoba Navya Arma gampang kok. Jaman sekarang ga ribet dan praktis. Kamu hanya memberikan pendapat mengenai Autonomous Vehicle melalui survei di aplikasi OneSmile yang tersedia di Apple App Store maupun Google Playstore. Setelah itu, tinggal deh naik dari Halte The Breeze BSD City. Ingat juga ya jam operasinya, yaitu setiap hari Selasa hingga hari Minggu pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Navya Arma ini dapat dicoba sampai tanggal 21 Desember 2022 untuk selanjutnya akan dipamerkan di dalam area The Breeze mulai tanggal 22 Desember 2022 sampai tanggal 4 Januari 2023.
Wah, mumpung ada kesempatan, yuk coba!

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan Analisis Kimia

  >>>>>  Dalam kuliah pertama ini, kita akan bicarakan secara singkat perkembangan Analisis Kimia dari masa ke masa: 1. Analisis Kimia Klasik 2. Analisis Kimia Instrumentasi 3. Analisis Kimia Modern 4. Pengukuran Kimia ( Chemical Measurement )

Satu Langkah Untuk Indonesia

Salam Hangat, Cinta, dan Persahabatan. Assalamu'alaikum Wr. Wb Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT, Tuhan Semesta Alam yang mengijinkan kita menikmati hidup dan kehidupan serta memberi kita ni'mat berpikir. Shalawat dan Salam semoga tercurahlimpah pada utusan-Nya, Muhammad SAW. Semoga selalu kita selalu dalam jalan hidup yang telah beliau teladankan. Analis Kimia, suatu profesi yang masih asing dalam pandangan masyarakat awam. Dalam kontribusinya yang besar akan suatu produk Industri, dengan menguatnya tantangan global, diperlukan suatu produk dengan mutu yang bersaing. Analis Kimia sangat berperan disini. Dapat disimpulkan bahwasannya Analis Kimia adalah neraca Ekonomi-Industri Indonesia karena di tangan merekalah, suatu produk dinyatakan layak dan tidak untuk dapat dipersaingkan dan diterima dalam dunia Internasional. Ensiklopedia Analisis Kimia, Rangkuman Perkuliahan Analisis Kimia, Daftar Universitas Analis Kimia bergengsi dan mutakhir, Analis Kimia Indonesi