Langsung ke konten utama

Perkembangan Analisis Kimia dan Perbandingan Mahasiswa Diploma Analis dan SMK

Kajian Publik IPTEK 1**


(Noviar Dja’var*, M.Si)
Secara Umum, Perkembangan Analisis Kimia dari masa ke masa adalah sebagai berikut:
Dahulu, Analisis Kimia diperlukan sebagai penengah antara Pemilik tambang dengan Pekerja. Pemilik tambang menginginkan hasil tambang yang sebesar-besarnya, sementara pekerja menginginkan hasil sekecil mungkin dari tambang yang diperoleh.
Munculnya ketidakpercayaan Pemilik tambang terhadap para pekerja menimbulkan konflik. Maka, diperlukan pihak penengah yang dinilai objektif dalam menentukan berapa banyak hasil tambang sebenarnya yang terkandung dalam lahan tambang. Disinilah pihak penengah itu selanjutnya disebut Analis Kimia.
dahulu, seorang analis merupakan penengah,antara pemilik tambang yang menginginkan hasil sebesar-besarnya dengan pekerja yang menginginkan hasil sekecil-kecilnya
Tahun 1970an FDA bermasalah
1974 analisis menggunakan stoikiometri dan standardisasi, mulai dikenal metode fisiko-kimia, yakni Instrumentasi
1990an German menyatakan bahwa hasil penelitian di berbagai laboratorium dunia kacau, sehingga perlu suatu standar acuan, dikenallah CRM. Analisis berkembang menjadi kemometri yakni validasi dan kalibrasi (namun masih diseputar alat ukur)
2008: hasil analisis masih saja menunjukkan kekacauan, akibatnya kemudian sistem dimasukkan ke dalam ISO. Analisis kimia bergeser menjadi chemical in measurement. Pengukuran dan standardisasi belum merupakan hasil yang final.
dari "stoikiometri " kepada "standardisasi", berkembang ke dalam "kemometri" dan akhirnya bergeser menjadi "chemical in measurement" (pengukuran/metrologi kimia)

(Mido Suhapri*, M.Sc)
Perbandingan jenjang, ada 9, terbagi dalam tiga kategori, yakni:
1. Operator
2. Teknisi
3. Ahli

Analis D3 berada pada  kategori teknisi jenjang 5



Standar kompetensi mengacu pada keputusan menteri sehingga diperlukan dalam suatu institusi  LSP P1.
Mengenai keterampilan mahasiswa AKA kalah dengan SMAK, namun dari segi teori lebih unggul (dan juga managemen)
dari segi keterampilan, harus diakui bahwa mahasiswa diploma analis kalah dari pelajar SMAK. Namun, nilai lebih mahasiswa diploma adalah teori, interpretasi data, dan juga managemen.
(Noviar Dja’var*, M.Si)
Kesimpulan:
1. Analisis kimia semakin menjauh dari kimia analitik, sementara peran instrumen semakin besar.
2. Peran seorang Analis adalah pemantauan instrumen ekstra tinggi dengan skala galat <1%
3. Skill pengendalian analisis dipantau secara statistik.

**: diadakan pada tanggal 4 Juli 2012 pkl 16.00-18.00 bertempat di Aula Lt. 3 Kampus AKA oleh BEM IMAKA 2012-2013 melalui Kementrian IPTEK yang bersinergi dengan Kementrian Politik
*: Noviar Dja'var, M.Si merupakan pengajar berbagai instrumentasi kimia analitik di AKA (spektrofotometri, kromatrografi), Fisika Analitik, Elektrokimia. Pernah menjabat sebagai Pembantu Direktur I Bidang Akademik tahun 2000. Saat ini menjadi Koordinator Fungsionaris Dosen AKA.
*: Mido Suhapri, M.Sc merupakan pengajar di AKA bidang kimia lingkungan, AMDAL. Saat ini menjabat sebagai SPM (Penjaminan Mutu) AKA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan Analisis Kimia

  >>>>>  Dalam kuliah pertama ini, kita akan bicarakan secara singkat perkembangan Analisis Kimia dari masa ke masa: 1. Analisis Kimia Klasik 2. Analisis Kimia Instrumentasi 3. Analisis Kimia Modern 4. Pengukuran Kimia ( Chemical Measurement )

Navya Arma: First Autonomous Vehicle yang bisa kita coba!

Ngomongin kecanggihan masa depan memang ga akan ada habisnya. Namun kebanyakan itu masih sekedar ide atau angan2 seperti kantung ajaibnya doraemon yang mengingatkan kita pada mobil terbang, pintu kemana saja, atau baling-baling bambu. Tak disangka, kecanggihan masa depan berwujud kendaraan itu ada di depan mata kita. Ya, Kamu tidak salah baca. Namanya  Navya Arma , kendaraan canggih pertama di Indonesia yang bisa beroperasi sendiri tanpa sopir. Hah? Yang bener? Iya, ini beneran, bukan khayalan! Navya Arma memang secanggih itu. Dijuluki sebagai  First Autonomous Vehicle . Yuk kenalan lebih jauh!        Kendaraan canggih Navya Arma  ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation  yang  didukung pendanaan dari JICA .  Mitsubishi Corporation bersama dengan MACNICA Inc. yang telah berhasil melakukan uji coba tahap pertama Navya Autonom® Shuttle di QBig BSD City pada bulan Mei hingga Juli lalu , dan masih akan terus dilanjutkan hingga Jan

Satu Langkah Untuk Indonesia

Salam Hangat, Cinta, dan Persahabatan. Assalamu'alaikum Wr. Wb Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT, Tuhan Semesta Alam yang mengijinkan kita menikmati hidup dan kehidupan serta memberi kita ni'mat berpikir. Shalawat dan Salam semoga tercurahlimpah pada utusan-Nya, Muhammad SAW. Semoga selalu kita selalu dalam jalan hidup yang telah beliau teladankan. Analis Kimia, suatu profesi yang masih asing dalam pandangan masyarakat awam. Dalam kontribusinya yang besar akan suatu produk Industri, dengan menguatnya tantangan global, diperlukan suatu produk dengan mutu yang bersaing. Analis Kimia sangat berperan disini. Dapat disimpulkan bahwasannya Analis Kimia adalah neraca Ekonomi-Industri Indonesia karena di tangan merekalah, suatu produk dinyatakan layak dan tidak untuk dapat dipersaingkan dan diterima dalam dunia Internasional. Ensiklopedia Analisis Kimia, Rangkuman Perkuliahan Analisis Kimia, Daftar Universitas Analis Kimia bergengsi dan mutakhir, Analis Kimia Indonesi